1.Cermati kutipan teks drama berikut!
Susi : Wit, kita sudah berapa lama di sini?
Witri : Sudah sejak jam dua.
Kamto : Jam dua. Jadi baru satu jam yang lalu.
Sarpa : Jadi, secara logis, mestinya sudah dua bus atau dua colt berhenti di sini. Dengan asumsi, setiap setengah jam ada satu kendaraan.
Handoyo : Padahal, kenyataan menunjukkan sudah satu jam tidak ada satu bus atau
Witri : Sudah sejak jam dua.
Kamto : Jam dua. Jadi baru satu jam yang lalu.
Sarpa : Jadi, secara logis, mestinya sudah dua bus atau dua colt berhenti di sini. Dengan asumsi, setiap setengah jam ada satu kendaraan.
Handoyo : Padahal, kenyataan menunjukkan sudah satu jam tidak ada satu bus atau
colt pun lewat. Ini tentu ada apa-apa.
Sarpa : Menurut Kau, kira-kira ada apa?
Handoyo : Bagaimana saya tahu. Riset belum dilakukan?
Susi : Kalau tunggu riset, baru sebulan kita tiba di rumah.
Sarpa : Menurut Kau, kira-kira ada apa?
Handoyo : Bagaimana saya tahu. Riset belum dilakukan?
Susi : Kalau tunggu riset, baru sebulan kita tiba di rumah.
”Pung ….? Pung ….” : Budi Soemanto
Inti kutipan drama tersebut adalah ...
A. Siswa yang sedang praktik melakukan penelitian.
B. Orang-orang yang sedang membicarakan riset kendaraan.
C. Lima orang teman yang sedang menunggu kendaraan umum
D. Lima orang sahabat yang sedang melakukan penelitian
E. Anak-anak yang sedang menghitung kendaraan yang lewat.
2.Cermati kutipan cerpen berikut!
Kebingungan Mak Inang pada orang-orang yang saban waktu datang ke Jakarta untuk mengadu nasib kian besar saja. Apa hal yang membuat mereka tergoda ke kota bacin lagi pesing ini? Segala apa yang ia lihat satu-dua pekan ini, tak ada yang membuat hatinya mengembang penuh bunga. Lebih elok tinggal di kampung, menggarap huma, membajak sawah, mengalirkan getah-getah karet dari pokoknya, batin Mak Inang.
Nilai pendidikan pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Janganlah bingung memikirkan urusan orang yang tinggal di kota besar
B. Tak perlu pusing memikirkan nasib orang lain yang mencari peruntungan di kota.
C. Janganlah tergoda dengan kehidupan orang yang mengadu nasib di kota.
D. Lebih baik tinggal di desa daripada tinggal di kota yang lingkungannya tak sehat.
E. Untuk membangun desa, sebaiknya semua orang kota pulang ke kampung saja.
3.Cermati teks berikut!
Teks 1
|
Teks 2
|
Tumbuh merata pohon tebu
Pergi ke pasar membeli daging
Banyak harta miskin ilmu
Bagai rumah tidak berdinding
|
Ilmu didapat tiada cepat
Mesti sabar hatinya kuat Moga Tuhan berikan rahmat Jagalah hati serta niat |
Perbedaan dua teks tersebut yang tepat adalah …
Teks 1
|
Teks 2
| |
A
|
bersajak a-b-a-b
|
bersajak a-a-a-a
|
B
|
bersajak sama
|
bersajak silang
|
C
|
dua larik pertama isi
|
dua larik pertama sampiran
|
D
|
tidak mempunyai sampiran
|
ada sampiran
|
E
|
rimanya sama
|
rimanya berbeda
|
4.Cermati pantun berikut!
Anak rusa masuk ke taman
Puas sudah orang memburu
Kalau muda jadikan teman
[…]
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ….
A. Walau pahit terasa madu
B. Walau tua dipandang muda
C. Kalau tua jadikan guru
D. Kalau mau jadikan pacar
E. Kalau mau tak perlu malu
5.Cermati pantun berikut!
Bapak tani menanam tebu
Pembeli datang bertanya harga
Wahai Ananda hormati ibu
Karena ibu jalan ke surge
Tema pantun tersebut adalah ….
A. Lingkungan
B. Kebudayaan
C. Percintaan
D. Persahabatan
E. Pendidikan
6.Cermati kutipan cerpen berikut!
Selain itu, Darko memiliki pembawaan sikap yang ramah, tidak mengherankan bila orang-orang kampung segera merasa akrab dengan dirinya. Dia suka pula menceritakan kisah lucu di sela pijatannya. Meskipun begitu, kami tetap tidak tahu asal usulnya dengan jelas. Bila kami menanyakannya, dia selalu mengatakan bahwa dirinya berasal dari kampung yang jauh di kaki gunung.
Sudut pandang dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….
A. orang kedua tokoh utama
B. orang ketiga tokoh utama
C. orang pertama tokoh utama
D. orang pertama tokoh sampingan
E. orang ketiga tokoh sampingan
7.Cermati kutipan ulasan film berikut!
Film “99 Cahaya di Langit Eropa” sebenarnya memiliki tema yang sama dengan film-film bertajuk perjalanan lainnya. Hanya saja film ini didukung kemampuan bermain para aktor dan aktrisnya yang sangat baik. Selain itu, pengambilan gambar yang dilakukan di beberapa negara di dunia juga memberikan wawasan mengenai tempat-tempat indah di luar negeri.
Kutipan ulasan film tersebut berisi tentang ....
A. Deskripsi film
B. Keunggulan film
C. Kelemahan film
D. Sinopsis film
E. Simpulan film
8.Cermati teks berikut!
(1)Film“Perahu Kertas” mengisahkan pasang surut hubungan dua anak manusia, yaitu Kugy (Maudy Ayunda) dan Keenan (Adipati Dolken). (2) Kugy diperkenalkan kepada Keenan oleh dua sahabatnya, Noni (Sylvia Fully R) dan Eko (Fauzan Smith), ketika mereka menjemput Keenan sepulangnya pemuda tersebut dari masa belajarnya di negara Belanda. (3) Kisah cinta mereka tidak berjalan mulus.(4) Ketika pertama kali bertemu,
Kugy sedang menjalin kasih dengan Ojos (Dion Wiyoko), pria tampan yang telah ia pacari semenjak masa Sekolah Menengah Atas. (5) Keenan juga sempat dekat dengan seorang gadis cantik bernama Wanda (Kimberly Ryder).
Kalimat simpleks dalam teks tersebut ditandai dengan nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
9.Cermati teks tersebut!
(1) You Tobe memperkenalkan fitur terbaru yang bisa menampilkan semua teks percakapan yang ada dalam video secara otomatis. (2) Salah satu manfaat fitur ini untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung tunarungu agar dapat menikmati video secara utuh. (3) Pengubahan ke teks dilakukan dengan teknologi mengenal suara yang kini telah dipakai di layanan managemen Google Voice. (4) Untuk sementara, baru akan dilakukan pada video dari beberapa kanal mitra saja, seperti BPS, National Geographic, dan sejumlah universitas ternama. (5) Google menjanjikan pengubahan suara ke teks itu akan diterapkan di seluruh video seiring peneyempunaan teknologi pengenal suara yang dikembangkan.
|
Kata tidak baku dalam teks tersebut terdapat dalam kalimat nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
10.Cermati teks berikut!
(1) Kepulauan Togean, Sulawesi selatan memiliki pantai-pantai molek, laut yang bening dan tenang, serta ikan berwarna-warni yang menyelinap diantara terumbu karang indah. (2) Menjelang senja, matahari menjadi bola merah yang ditelan laut jingga. (3) Namun, di sana juga berlangsung perusakan alam yang kerap didukung para politikus. (4) Mereka datang hanya pada saat kampanye untuk memancing suara, bahkan mempersilakan para nelayan mengebom terumbu karang. (5) Keinginan pemerintah pusat menjadikannya sebagai taman nasional ditentang justru oleh pemerintah daerah.
Kata yang penulisannya tidak sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia dalam teks tersebut ditandai dengan nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
11,Cermati teks berikut!
Di Mentawai, Sumatra Barat, lain lagi yang terjadi. Kepulauan ini memiliki ombak terbaik untuk berselancar. Di dunia ini hanya ada tiga tempat yang memiliki barrel ombak berbentuk terowongan yang dapat ditemui sepanjang waktu: Hawaii, Haiti, dan Mentawai. Namun, pemerintah daerah seolah-olah tidak berdaya di sana. Resor
tumbuh menjamur, tetapi kontribusi mereka kepada ekonomi daerah amat minimal. Mungkin ini merupakan bentuk “protes” […] kepada pemerintah daerah yang tidak serius membangun prasarana wisata di sana.
Pronomina (kata ganti) yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….
A. ia
B. saya
C. kamu
D. kami
E. mereka
12.Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Problem utama dari tidak berkembangnya pariwisata di Indonesia adalah ceteknya kesadaran akan potensi yang kita miliki.
(2) Pemerintah pusat ataupun daerah masih lebih senang mendapatkan uang dengan cara mengeksploitasi sumber daya alam.
(3) Tidak ada resor atau pengelola wisata yang bisa membayar setoran ke pejabat korup sebesar yang disetor pejabat hutan atau pemilik tambang.
(4) Mereka lebih suka membabat hutan untuk mengambil kayunya, menggali buminya untuk mengeduk mineral di dalamnya, atau menggantikan pepohonan hutan dengan kelapa sawit.
(5) Pariwisata dianggap tidak terlalu menguntungkan terutama untuk pejabat yang korup.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf yang padu bila disusun dengan urutan ….
A. (1), (2), (4), (5), (3)
B. (1), (3), (4), (2), (5)
C. (2), (4), (3), (5), (1)
D. (2), (3), (1), (4), (5)
E. (4), (5), (3), (1), (2)
13.Cermati teks berikut!
Sering makan apel ternyata dapat melindungi paru-paru Anda dari polusi udara. Sebuah studi dari St. George Hospital Medical School di London pernah mengungkapkan bahwa orang-orang yang makan lima atau lebih apel dalam seminggu memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik dibanding mereka yang tidak makan apel. Hal itu karena adanya kandungan antioksidan pada apel yang disebut quercetin. Silakan pikir dua kali sebelum mengupas kulit apel karena quercetin banyak terdapat pada kulitnya.
Ringkasan teks tersebut yang tepat adalah ….
A. Sering makan apel dapat menyehatkan tubuh kita.
B. Apel wajib dikonsumsi untuk mencegah segala macam penyakit.
C. Apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.
D. Kulit apel mengandung cuercetin yang dapat menghaluskan kulit.
E. Kandungan antioksidan pada apel dapat melindungi paru-paru dari polusi udara.
14.Cermati teks berikut!
Operasi tanggap darurat yang dilakukan pemerintah terkesan sebatas respons reaktif, spontan, dan sporadis. Sudah saatnya kita memiliki kebijakan permanen yang mampu mengantisipasi dan meminimalkan dampak bencana, yakni kebijakan yang berangkat dari database pemetaan daerah rawan bencana. Untuk melaksanakan kebijakan tersebut, dibutuhkan operasi dengan persiapan koordinasi penyelamatan, […] infrastruktur, sampai […] relawan yang dilakukan secara terencana.
Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….
A. menyediakan, melatih
B. tersedia, terlatih
C. penyediaan, pelatihan
D. disediakan, dilatih
E. persediaan, pelatihan
15.Cermati teks berikut!
Peringatan Sumpah Pemuda ke-89 merupakan [...] bagi pemuda untuk meningkatkan kerja sama di tengah berbagai perbedaan untuk memajukan bangsa. Semangat kerja sama untuk memajukan bangsa itulah yang mendasari lahirnya Sumpah Pemuda dalam Kongres Pemuda II pada 27-28 Oktober 1928. Oleh karena itu, inilah saat yang tepat bagi pemuda untuk meningkatkan semangat tersebut.
Istilah yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. monumen
B. spektrum
C. momentum
D. referendum
E. moratorium
16.Cermati kalimat berikut!
Indonesia dikenal sebagai negara yang beragam, yaitu negara yang memiliki tujuh ratusan suku-suku dan seribu lebih bahasa daerah.
Perbaikan kalimat tidak efektif tersebut adalah ...
A. Indonesia dikenal sebagai negara yang beragam, yaitu negara yang memiliki tujuh ratusan suku-suku dan seribu lebih bahasa-bahasa daerah.
B. Indonesia dikenal sebagai negara yang beragam, yaitu negara yang memiliki tujuh ratusan suku dan seribu lebih bahasa daerah.
C. Indonesia dikenal sebagai negara yang beragam-ragam, yaitu negara yang memiliki tujuh ratusan suku-suku dan seribu lebih bahasa daerah.
D. Indonesia dikenal sebagai negara yang beragam-ragam, yaitu negara yang memiliki tujuh ratusan suku-suku dan seribu lebih bahasa-bahasa daerah.
E. Indonesia dikenal sebagai negara yang beragam, yaitu negara yang memiliki tujuh ratusan suku dan seribu lebih bahasa-bahasa daerah.
17.Cermati teks berikut!
Seorang Duta Baca Indonesia mempunyai jurus jitu untuk menangkal hoaks alias berita bohong, yakni dengan membaca. Baginya, membaca bukan hanya tentang menambah pengetahuan, melainkan bisa meningkatkan kemampuan melatih logika berpikir. Menurutnya, pembaca yang tekun tidak akan mudah menghakimi
Sinonim kata menangkal pada teks tersebut adalah ....
A. menolak
B. meyakini
C. mengakui
D. membantah
E. menghilangkan
18.Cermati kalimat berikut!
Selain mempelajari satwa satwa kita pun dapat melihat koleksi foto petualangan sang pemilik museum ketika bertualang ke sejumlah benua untuk mengamati satwa liar.
Penggunaan tanda baca yang tepat untuk kalimat tersebut adalah ...
A. Selain mempelajari satwa, satwa kita pun dapat melihat koleksi foto petualangan, sang pemilik museum ketika bertualang ke sejumlah benua untuk mengamati satwa liar.
B. Selain mempelajari satwa-satwa, kita pun dapat melihat koleksi foto petualangan sang pemilik museum, ketika bertualang ke sejumlah benua untuk mengamati satwa liar.
C. Selain mempelajari satwa-satwa, kita pun dapat melihat koleksi foto petualangan sang pemilik museum ketika bertualang ke sejumlah benua untuk mengamati satwa liar.
D. Selain mempelajari satwa, satwa, kita pun dapat melihat koleksi foto petualangan sang pemilik museum, ketika bertualang ke sejumlah benua untuk mengamati satwa liar.
E. Selain mempelajari satwa-satwa. kita pun dapat melihat koleksi foto petualangan sang pemilik museum, ketika bertualang ke sejumlah benua untuk mengamati satwa liar.
19.Cermati teks berikut!
Museum satwa yang berada di Medan menampilkan koleksi yang menarik dan unik. Melalui peragaan satwa dari berbagai negara, pengunjung dapat melihat satwa langka yang diawetkan, termasuk penjelasan asal dan jenis hewan tersebut, replika satwa besar dari Afrika, dan berbagai macam serangga. Menariknya lagi, dengan sistem suara mumpuni, pengunjung seolah-olah diajak untuk menjelajahi hutan belantara dengan suara burung dan binatang buas begitu nyata. Andrenalin pun semakin terpacu ketika suara auman raja hutan menggema melalui sistem suara yang tertata apik. Selain itu, di ruang serbaguna pengunjung dapat melihat koleksi unik, seperti foto-foto dan benda-benda pribadi orang ternama di dunia, piringan hitam, dan beberapa jersey pesepak bola dunia.
Tanggapan positif terhadap isi teks tersebut yang tepat adalah …
A. Jika orang yang berpenyakit jantung berkunjung ke museum satwa, akan bertambah parah penyakit jantungnya.
B. Museum satwa itu kurang tepat jika dijadikan sarana pendidikan karena di sana kita hanya melihat binatang liar yang diawetkan.
C. Kita tidak perlu ke museum satwa kalau hanya ingin melihat foto-foto orang ternama dan beberapa jersey pesepak bola dunia, cukup melalui komputer.
D. Selain untuk hiburan, berkunjung ke museum satwa dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan kepedulian terhadap hewan langka.
E. Untuk melihat binatang liar tidak perlu datang ke museum karena kita bisa melihat binatang liar itu di kebun binatang.
20.Cermati teks berikut!
Indonesia memiliki kekayaan alam yang patut dibanggakan. Salah satu kekayaan alam tersebut adalah tumbuh-tumbuhan yang dapat berfungsi sebagai obat. Meskipun demikian, kekayaan alam tersebut kini tidak dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Hal ini disebabkan pengetahuan mengenai obat di berbagai daerah Indonesia sudah jarang dipelajari atau boleh dikatakan sudah banyak punah. Proses punahnya pengetahuan ini sering kali lebih cepat daripada proses punahnya tumbuh-tumbuhan itu sendiri akibat kegiatan eksploitasi hutan yang tidak terkontrol.
Tanggapan logis yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah …
A. Kita tidak perlu khawatir dengan punahnya tanaman obat karena sekarang sudah banyak diproduksi obat dengan menggunakan bahan kimia yang lebih praktis dan murah.
B. Pemerintah harus menggalakkan budi daya tanaman obat dan meningkatkan sumber daya manusia sehingga produksi obat dari tumbuhan dapat lestari.
C. Padahal, proses pembuatan obat berbahan tumbuh-tumbuhan lebih mudah daripada proses pembuatan obat berbahan kimia.
D. Kita harus membantu pemerintah melestarikan alam agar udara di negeri kita tetap segar dan sejuk.
E. Biaya pembuatan obat dari tumbuh-tumbuhan sangat mahal sehingga banyak perusahaan yang beralih ke pembuatan obat berbahan kimia.
No comments:
Post a Comment