1.Bacalah teks
berikut!
Kemajuan pesat di bidang
teknologi saat ini membawa dampak pada banyak sisi kehidupan manusia, termasuk
juga dunia pendidikan. Bukan hal yang baru lagi jika saat ini berkembang
suatu layanan pembelajaran elektronik (e-learning). E-learning secara
sederhana dapat diartikan sebagai suatu kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan
internet sebagai metode penyampaian, interaksi, dan fasilitasi serta didukung
oleh berbagai bentuk layanan belajar.
Ide pokok teks tersebut
adalah...
A.
Dunia pendidikan
B.
Layanan pembelajaran
C. Dampak
kemajuan teknologi
D.
Pembelajaran elektonik
E.
Metode pembelajaran e-learning
2.Bacalah
teks berikut!
Seorang Presiden
dari negara xyz merasa tertarik pada
dagangan kue seorang ibu yang ada di pinggir jalan. Kemudian ia membeli kue
tersebut.
Presiden sangat
penasaran dengan penjual kue yang katanya telah berjualan sangat lama. Oleh
sebab itu, Presiden bertanya.
Presiden :
Sudah berapa lama Ibu berjualan kue-kue ini?
Pedagang
kue : Kira-kira sudah 42 tahun saya berdagang kue ini, Pak
Presiden : Kenapa anak Ibu tidak membantu berjualan?
Pedagang kue : Tidak, mereka sudah sibuk semuanya, Pak. Anak saya yang pertama bekerja di DPR, yang kedua di Kementerian Luar Negeri, dan yang ketiga di Polda,
Presiden : Kenapa anak Ibu tidak membantu berjualan?
Pedagang kue : Tidak, mereka sudah sibuk semuanya, Pak. Anak saya yang pertama bekerja di DPR, yang kedua di Kementerian Luar Negeri, dan yang ketiga di Polda,
Pak.
Presiden : Wah, ternyata hebat sekali anak-anak ibu! Jika boleh tahu, apa saja jabatan
Presiden : Wah, ternyata hebat sekali anak-anak ibu! Jika boleh tahu, apa saja jabatan
anak
Ibu?
Pedagang kue : Hehe, sama, Pak. Ya… berdagang kue.
Pedagang kue : Hehe, sama, Pak. Ya… berdagang kue.
Pernyataan yang sesuai
dengan isi teks tersebut adalah...
A.
Kepala negara yang peduli dengan rakyatnya.
B.
Ibu dan anak yang memiliki pekerjaan yang sama.
C.
Presiden yang ingin membantu kehidupan pedagang kue.
D.
Pengalaman pedagang kue yang berjualan keliling kota.
E.
Ketekunan seorang ibu dalam membesarkan anak-anaknya.
3.Bacalah teks berikut!
Kebijakan Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan untuk mempergunakan perangkat komputer dalam Ujian
Nasional patut kita dukung. Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang telah
dilakukan memberikan beberapa dampak signifikan. Selain menurunnya kecurangan,
dari sisi percetakan naskah soal, penggunaan sistem UNBK akan menghemat
kertas dan menjaga kualitas lingkungan hidup menjadi lebih baik.
Arti kata signifikan pada
kalimat teks tersebut adalah...
A. Berarti
B. Berharap
C. Bertujuan
D. Berkelanjutan
E. Berkesinambungan
4.Bacalah teks berikut!
Suatu hari pada bulan
puasa ada seseorang kakek yang sedang berpuasa. Kemudian tiba-tiba kepalanya
terasa sakit, dengan panik si kakek tersebut segera meminum obat sakit kepala.
Cucunya yang melihat kakek tersebut langsung bertanya, “Kakek kan lagi
melaksakan ibadah puasa, mengapa minum obat?” Dengan santainya si kakek
menjawab, “Itulah hebatnya obat sakit kepala ini bisa diminum kapan
saja.” Si cucu itu pun langsung tertawa terbahak.
Interpretasi kita
terhadap teks tersebut adalah...
A. Kakek yang tidak mau diingatkan oleh cucunya
B. Kakek yang minum obat tanpa mengikuti aturan
C. Cucu yang senang karena sakit kakeknya sembuh
D. Sakit kepala kakek sembuh karena minum obat sakit
kepala
E. Kakek yang tidak mengerti maksud kata kapan
saja
5.Bacalah teks berikut!
Penggunaan Google
Earth dalam pelajaran geografi memberikan banyak manfaat bagi guru.
Guru dapat menampilkan tempat kejadian suatu fenomena geosfir sehingga siswa
dapat mengenal tempat kejadian peristiwa tersebut. [ .... ] Selanjutnya, siswa
dapat diajak untuk menerapkan pendekatan dan penggunaan prinsip geografi dalam
pembahasan sebuah peristiwa.
Kalimat yang tepat untuk
mengisi bagian rumpang teks tersebut adalah...
A. Dengan mengenal sebuah tempat peristiwa, siswa dapat
menerapkan konsep lokasi terhadap peristiwa tersebut.
B. Dengan menggunakan Google Earth, pembelajaran
geografi semakin mudah dipahami siswa.
C. Pelajaran geografi akan lebih jelas jika menggunakan
media pembelajaran yang mudah dipahami siswa.
D. Pelajaran geografi sangat menyenangkan karena siswa
diajak mengenal tempat-tempat di belahan dunia.
E. Dengan belajar geografi, banyak pengetahuan yang
diperoleh terutama tempat-tempat bersejarah.
6.Bacalah tekst berikut!
Bank soal merupakan sekumpulan butir soal terkalibrasi
(teruji). Ada dua langkah untuk mendapatkan butir soal yang terkalibrasi. Pertama,
membuat sendiri butir soal yang teruji. Seperangkat soal (instrumen tes)
dibuat, lalu dilakukan uji coba untuk mendapatkan butir-butir soal yang valid,
sekaligus mendapatkan informasi mengenai keberfungsian pengecoh, daya beda
serta tingkat kesukaran butir soal. Kedua,
Simpulan teks tersebut adalah...
A. Istrumen tes berupa soal yang teruji.
B. Soal dikatakan teruji jika telah dilakukan uji coba.
C. Soal terkalibrasi jika soal dibuat sendiri oleh
penguji.
D. Keberfungsian pengecoh soal menentukan kevalidan soal.
E. Bank soal merupakan kumpulan butir soal yang teruji.
7.Bacalah teks berikut!
|
Teks 1
|
Teks 2
|
|
Cuma Salah Satu
Bapak: "Bagaimana nilai ulangan fisikamu hari ini,
Tong?"
Otong: "Otong cuma salah satu dari lima soal,
Pak."
Bapak: "Wah, hebat dong! Pasti
nilai kamu bagus kalau begitu!"
Otong: "Tidak juga sih, Pak. Soalnya
yang empat puluh lima lagi Otong lupa kerjakan."
Bapak: ????
|
Tips agar Lulus UN
Seorang
wali kelas memberikan nasihat pada murid-muridnya di kelas bahwa jika mereka
ingin lulus UN mereka harus patuh pada perintah. Lalu para murid pun
mempertanyakan pernyataan wali kelas tersebut “Memang apa kaitannya patuh
pada perintah dengan lulus UN, Bu?” Wali kelas pun menjawab, “Setiap soal kan
sudah ada perintah yang jelas PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG BENAR, ini
yang harus kalian patuhi. Oleh karena itu, PILIH JAWABAN YANG BENAR pasti
kalian akan lulus UN.” Murid: ????
|
Persamaan kedua teks
tersebut adalah …
A .Memiliki pengantar
cerita
B. Berlatar belakang
dunia pendidikan
C. Lebih dari dua tokoh
yang terlibat
D. Amanat yang
disampaikannya sama
E. Hanya satu yang
mengandung unsur lucu
8.Bacalah teks berikut!
Gagasan pokok: Hasil
laut komoditas ekspor
Gagasan penjelas:
(1) Jadikan laut sebagai sahabat
(2) Impor komoditas hasil laut
(3) Hasil panen berkualitas ekspor
(4) Pentingnya pembangunan kelautan
(5) Nelayan pandai membudidayakan hasil
laut
Gagasan penjelas yang
tidak sesuai dengan gagasan pokok tersebut ditandain dengan nomor…
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
9.Bacalah kutipan novel
berikut!
(1) Mereka
lalu bernyanyi bersahut-sahutan ... Kambanglah bungo pawaritan ....
(2) Dari
sekian lagu di daftar isi, yang tampaknya gampang dihafal adalah Kambanglah
Bungo dari Minang.
(3) Dengan
putus asa aku tutup buku Aubade Sepanjang Masa dan Aku buka
buku 100 Kumpulan Lagu-Lagu Daerah.
(4) Waktu
itu aku sungguh bangga melihat lagu dan rumah adat Minangkabau bisa juga masuk
ke teve yang disiarkan sampai ke Merauke.
(5) Apalagi
waktu kecil dulu aku sangat terkesan dengan acara TVRI yang menayangkan dua
perempuan mengenankan selendang berbentuk tanduk kerbau dengan latar belakang
Rumah Gadang.
(A. Fuadi: Ranah 3 Warna)
Urutan kalimat-kalimat
kutipan novel tersebut yang tepat adalah ....
A. (2), (3), (5), (1),
(4)
B. (2), (5), (1), (4),
(3)
C. (3), (1), (4), (5),
(2)
D. (3), (2), (5), (1),
(4)
E. (4), (3), (2), (5),
(1)
10.Bacalah teks berikut!
Beberapa
kawasan di Kalimantan Tengah masih tertutup kabut asap meskipun Pemerintah
sudah menurunkan hujan buatan untuk mengurangi ketebalan kabut. Kabut asap yang
terjadi di Kalimantan Tengah yang menutupi beberapa negara tetangga menunjukkan
[...] sistem pembakaran untuk pembukaan lahan baru masih buruk. [...]
Konjungsi yang tepat
untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A.
bahwa, jika
B.
bahwa, jadi
C.
karena, jadi
D.
bahwa, maka
E.
karena, jika
11.Cermati teks berikut!
Anak:
“Pak, setelah lulus nanti saya ingin melanjutkan ke SMA.”
Bapak: “Kenapa ke SMA? Padahal Bapak ingin kamu melanjutkan ke SMK.”
Anak: “Alasannya apa, Pak? Kenapa Bapak ingin agar saya melanjutkan ke SMK? ”
Bapak: “Begini Nak, di SMK itu lulusannya bisa langsung masuk ke dunia kerja.”
Anak: “Jadi gampang dapat kerja ya, Pak? Kalau begitu, saya mengikuti saran Bapak.”
Bapak: “Alhamdulillah! Kalau kamu setuju, nanti kita bersama-sama memilih SMK
Bapak: “Kenapa ke SMA? Padahal Bapak ingin kamu melanjutkan ke SMK.”
Anak: “Alasannya apa, Pak? Kenapa Bapak ingin agar saya melanjutkan ke SMK? ”
Bapak: “Begini Nak, di SMK itu lulusannya bisa langsung masuk ke dunia kerja.”
Anak: “Jadi gampang dapat kerja ya, Pak? Kalau begitu, saya mengikuti saran Bapak.”
Bapak: “Alhamdulillah! Kalau kamu setuju, nanti kita bersama-sama memilih SMK
yang ada di daerah tempat kita tinggal dan yang paling bagus.”
Anak : “Siap, Pak!”
Anak : “Siap, Pak!”
Isi dialog tersebut
adalah…
A. Seorang anak yang
mengharapkan persetujuan ayahnya agar bisa melanjutkan ke SMK.
B. Ketidaksetujuan
seorang ayah jika anaknya melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA.
C. Kesepakatan antara
ayah dan anak untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
D. Anak yang menerima
saran ayahnya untuk melanjutkan sekolah ke SMK agar nantinya langsung bekerja.
E. Saran ayah agar
anaknya melanjutkan pendidikan ke SMK karena lebih mudah daripada SMA.
12.Cermati kalimat
berikut!
Sebaik apa pun sebuah
kurikulum dan sistem penilaian, guru adalah kunci utama dalam implementasi di
lapangan.
Inti kalimat tersebut
adalah ....
A, Guru kunci utama
B. Kurikulum yang paling
utama
C. Sistem penilaian yang
utama
D. Implementasi
kurikulum
E. Implementasi sistem
penilaian
13.Bacalah kutipan novel
berikut!
“Ayo panggil orangnya
sekarang!” Suaranya makin tinggi. Lengannya tanpa segan sudah terjulur ke dalam
pagar. Intimidasi fisik tampaknya sudah dimulai. Aku punya pilihan, bisa
mengaku akulah orangnya, atau bilang kalau Alif Fikri sedang keluar. Aku
ragu-ragu. Kalau aku mengaku, aku tidak ingin diintimidasi secara fisik. Tapi
Kiai Rais pernah bilang, jangan takut pada manusia. Dunia itu rata, di atas
langit, di bawah tanah. Semua kita sama. Kenapa takut?”
(A. Fuadi: Rantau Muara)
Amanat kutipan novel
tersebut adalah ...
A. Diperlukan saksi jika
akan bertindak benar.
B. Janganlah takut pada
manusia karena kita sama.
C. Intimidasi psikis
lebih berbahaya daripada fisik.
D. Jadilah guru yang
senantiasa dirindukan muridnya.
E. Berterimakasihlah
pada guru yang telah mengajarkan kebaikan.
14.Bacalah kutipan novel
berikut!
Mungkin hujan dan guruh
yang terus ribut telah membela kami. Mungkin mood-nya sedang baik.
Mungkin dia tidak keberatan lantai kantornya basah oleh kami. Mungkin dia
kasihan melihat kami kedinginan dan datang tergopoh-gopoh. Yang jelas dia
memaafkan keterlambatan kami kali ini. Alhamdulillah. (A. Fuadi: Negeri
5 Menara)
Majas yang terdapat
dalam kutipan novel tersebut adalah ....
A. Klimaks
B. Asosiasi
C. Metafora
D. Personifikasi
E. aralelisme
15.Bacalah teks berikut!
Untuk mewujudkan kelas
kami tidak selalu dianggap urakan, tidak disiplin, dan banyak yang malas
dibutuhkan kerja keras dari seluruh anggota kelas serta peran dari wali kelas.
Setelah berulang ulang dinasihati, diingatkan, dibuat kesepakatan, citra negatif
dari kelas kami berubah. Namun, sangat disayangkan. Karena ulah dari satu anak,
citra itu kembali melekat di kelas kami. Karena nila
setitik, rusak susu sebelanga.
Makna peribahasa
yang bercetak miring dalam teks tersebut adalah…
A. Menjaga
nama baik kelompok menjadi kewajiban setiap anggotanya.
B. Berpikirlah
terlebih dahulu sebelum berbuat agar tidak ada penyesalan.
C. Kesalahan
kecil yang tidak ada artinya keseluruhan yang baik menjadi rusak.
D. Jadilah
anggota kelompok yang baik dengan mematuhi aturan yang berlaku.
E. Tingkah
laku seseorang menjadi tidak baik akibat pergaulan dalam kelompoknya.
16.Bacalah kutipan novel
berikut!
Aku kobarkan perang
bubat di kepalaku. Aku babat habis segala bisikan negatif di kepalaku. Aku
sudah bosan dijajah ketidakberdayaan. Aku ingin bebas. Aku ingin menang, aku
ingin menguasai kepala dan hatiku. Hati yang dikuasai pemiliknya adalah hati
yang bebas. (A. Fuadi: Ranah 3 Warna)
Watak tokoh aku dalam
kutipan novel tersebut adalah ....
A. bijaksana
B. sombong
C. pesimistis
D. optimistis
E. pembangkang
17.Cermati kutipan novel
berikut!
Hari Senin, bakda subuh,
saya bertanya lagi kepada istri, “Bapak mau ke kantor, tolong minta jawaban,
bagaimana dengan uang pemberian teman-teman itu?” Akhirnya, ia menjawab, “Kalau
begitu, Bapak berangkat saja!” Akhirnya, lega saya mendapat jawaban ini. Oh ya,
agar ceritanya lebih nyambung dengan apa yang saya uraikan
selanjutnya, saya informasikan bahwa Ongkos Naik Haji yang teman-teman berikan
adalah untuk satu orang. Untuk saya saja.
Malaikat
Cinta karya Jonih Rahmat
Latar tempat yang
terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah ....
A.Kantor
B.Rumah
C.Jalan
D.Masjid
E.Musholla
18.Cermati kutipan
cerpen berikut!
Anisa disukai banyak
orang bukan hanya karena paras cantiknya dan otak pintarnya tetapi ia
juga terkenal sebagai gadis yang ringan tangan. Ia
peduli kepada keluarga dan masyarakat sekitarnya. “Belajar memberi walau tak
seberapa, dan indahnya berbagi meski tak berarti” itulah kalimat yang sering
diucapkan ketika orang memuji kedermawannya.
Makna ungkapan ringan
tangan dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….
A. Suka menolong
B. Rajin belajar
C. Siap bekerja
D. Selalu siaga
E. Rajin memasak
19. Mahar
juga adalah seorang seniman idealis. Pernah sebuah parpol ingin
memanfaatkan grup kami yang mulai kondang untuk menarik massa melalui
iming-iming uang dan berbagai mainan anak-anak, Mahar menolak
mentah-mentah.
“Orang -orang itu sudah terkenal dengan tabiatnya menghamburkan janji yang tak’kan ditepatinya,” demikian Mahar berorasi di tengah-tengah kami yang duduk di bawah filicum…
Laskar Pelangi: Andrea Hirata
“Orang -orang itu sudah terkenal dengan tabiatnya menghamburkan janji yang tak’kan ditepatinya,” demikian Mahar berorasi di tengah-tengah kami yang duduk di bawah filicum…
Laskar Pelangi: Andrea Hirata
Unsur ekstrinsik yang
terdapat pada kutipan novel tersebut adalah ….
A. Agama
B. Sosial
C. Budaya
D. Moral
E. Ekonomi
No comments:
Post a Comment